Rabu, 10 Juni 2020

Sekapur Sirih Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tahfidz- KH. Abdul Rohman

Abi KH. Abdul Rohman
Pengasuh Ponpes Daarut Tahfidz 

بسم الله الرحمن الرحيم 

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اما بعد

Sesungguhnya segala puji hanya milik Allah kami memujinya, memohon pertolongan kepadanya , meminta ampunan kepadanya, berlindung juga kepadanya dari kejahatan diri kami dan keburukan amal perbuatan kami. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tak ada yang dapat menyesatkannya dan barang siapa yang disesatkan nya maka tak ada yang dapat memberinya petunjuk. Saya bersaksi bahwa tak ada yang berhak disembah kecuali Allah saja tak ada sekutu bagi nya dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan utusannya semoga shalawat dan salam terlimpah kepadanya. Amma ba’d:

Al Qur’an adalah firman Allah Swt, Ia memiliki kelebihan di atas seluruh perkataan, isinya benar, tidak dimasuki oleh kebatilan baik dari depan maupun dari belakang, siapa saja yang berkata kata bersandar dengan ALQURAN maka akan dibenarkan, dan siapa saja yang berhukum dengannya niscaya hukumnya adil. Orang yang berpegang dengannya akan selamat, sebaliknya orang yang berpaling darinya akan rugi dan celaka.

Orang yang hapal Al Qur’an dimuliakan sekali oleh Islam, di antara buktinya adalah ia lebih berhak menjadi imam shalat dari pada yang lain jika tidak ada imam tetap. Apabila ada beberapa orang yang meninggal bersamaan maka penghapal Al Qur’an lebih didahulukan dimasukkan ke liang lahad,

Bahkan di zaman Umar bin Al Khathab para penghapal Al Qur’an adalah orang orang yang duduk di majlis musyawarahnya. Pesan dari pengasuh pesantren bagi para penghafal AL QURAN “Jadilah hafidz dan hafidzah yang sesuai dengan makna isi kandungan ALQUR’AN  dalam segala segi kehidupan yang di tetapkan oleh ALQUR’AN agar dia menjadi syafaat

في الدنيا وفي قبر وفي يوم القيامه  ( jadi penolong di dunya, di alam kubur, dan di hari Qiyamah). 

Karena sabda rasulullah :

ليس الحفظ من لا يعمل القران ولكن حفظ من يعمل القران   ( tidak dikatakan hafidz alquran orang yang tidak mengamal kan isi alquran, akan tetapi yag dikatakan hafidz alquran adalah orang yang mengamalkan isi alquran”. 

Untuk itulah kami mendorong anak-anak kami untuk membaca dan menghapalkan Al Qur’an agar mereka menjadi insan-insan yang dimuliakan oleh Islam, dan tentunya untuk tercapai ke arah sana dibutuhkan bimbingan guru penghapal (muhaffizh) serta langkah yang harus ditempuh.

Dan kami pun telah berusaha semaksimal mungkin untuk membuat sebuah lembaga yang berbentuk pesantren yang di beri nama Pondok Pesantren  DAARUT TAHFIDZ AS SATINEM, dan pondok ini di resmikan nya pada tanggal 14 juli 2014 M Bertepatan pada bulan 17 ramadhan  1435 H Oleh ir. H. SUPARMAN.MT, (Lebih lengkapanya bisa membaca SEJARAH SINGKAT PONPES DAARUT TAHFIDZ) dan Tujuan berdirinya pondok ini ma’had daarut tahfidz As satinem antara lain :

1. Melalui Lembaga ini senantiasa menjadi wasilah (pengantar) menjadi anak shaleh dan shalehah .

2. Melalui Lembaga ini bisa belajar menanamkan mempunyai jiwa (hati) yang ikhlas ridha, sabar, tawakal, bersyukur, sehingga mendapatkan kemulyaan dari allah di dunia dan akhirat.

3. Melalui Lembaga ini agar bisa menemukan jalan mendapat kan keridahan allah dan rosull nya


Ponpes Daarut Tahfidz